Minggu, 02 Desember 2012

Pengantar Ekonomi, Ilmu Ekonomi dan Guna Mempelajarinya

Ekonomi atau economic berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “Oikos atau Oiku” dan “Nomos” yang berarti peraturan rumah tangga.
Pengertian Ekonomi adalah semua yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan perikehidupan dalam rumah tangga – tentu saja yang dimaksud dan dalam perkembangannya kata rumah tangga bukan hanya sekedar merujuk pada suatu keluarga yang terdiri dari suami, istri dan anak-anaknya, melainkan juga rumah tangga yang lebih luas yaitu rumah tangga bangsa, negara dan du kebunia
Dalam perkembangan kata ekonomi selalu diidentikkan dengan “dapat terjangkau, hemat dan sederhana” misalnya sering kita mendengar kata “kemasan ekonomi”, kelas ekonomi, dll. Seiring dengan perkembangan teknologi pemikiran, maka ekonomi dijadikan suatu kata dari suatu ilmu, yaitu ilmu ekonomi yaitu ilmu mengatur “rumah tangga”.

Jadi masalah yang dihadapi oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya adalah bahwa kebutuhannya itu tidak terbatas, sementara alat pemuas kebutuhannya terbatas. (terbatasnya kebutuhan bukan dalam arti penyediaan nominal, melainkan terbatas dalam pengertian riel, karena Allah SWT menciptakan bumi dan isinya berlimpah untuk kebutuhan manusia).

Pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli :
1. Prof. P.A. Samuelson mendefinisikan ilmu ekonomi yang dapat diartikan sebagai berikut: “Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat”.
2. Sadono Sukirno dalam buku beliau (Sukirno, 1990, h.3) menulis bahwa ilmu ekonomi menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber-sumber daya” (maksudnya sumber daya adalah sumber daya alam dan sumber daya manusia)

3. Mankiw mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai “studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya-sumber daya yang selalu terbatas atau langka”.

Jelaslah bahwa ilmu ekonomi itu memusatkan perhatiannya pada bagaimana perilaku manusia memenuhi kebutuhannya, yang untuk mendapatkannya dibutuhkan pengorbanan karena ketersediaannya yang terbatas atau langka. Kajian utama Ilmu ekonomi hanya menitikberatkan perhatian dan analisanya pada barang-barang yang :
1. Berguna bagi manusia (lansgung atau tak langsung)
2. Langka (scarcity)

Manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi sebagaimana yang dikemukakan oleh Mankiw dan memang demikian kenyataannya adalah :
1. Ilmu ekonomi dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik. Dalam hal ini berlaku prinsip “Mengetahui lebih baik dari pada tidak mengetahui.
2. Dengan mempelajari ilmu ekonomi akan membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian. Dalam hal ini berlaku prinsip “Bersedia dan waspada serta berjaga lebih baik dan aman dari pada tidak sama sekali.
3. Dengan menguasai ilmu ekonomi maka akan memberikan pemahaman atau potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi. Dalam hal ini berlaku prinsip “Mengetahui akan membuat lebih bijak dari pada tidak sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar